Kawah Sikidang Dieng Jawa Tengah

Kawah Sikidang Dieng Jawa Tengah via @guyana10000

Kawah Sikidang Dieng Jawa Tengah via @guyana10000

Kawah Sikidang Dieng – Tak Jauh dari Telaga Warna Dieng, Kawah paling populer di Kawasan Dieng ini menjadi menu wajib dikunjungi oleh mereka yang ingin menghabiskan waktu berlibur menjelajah keindahan pesona alam Dieng.

Kawah Sikidang secara administratif masuk wilayah Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Dari pusat Kawasan Wisata Dieng bisa ditempuh menggunakan kendaraan dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit.

Kawah Sikidang Dieng via achmadshodik_

Kawah Sikidang Dieng via achmadshodik_

Daya tarik Kawah Sikidang ada pada fenomena gelegak lumpur putih yang melompat-lompat dari lobang kawah besar yang berada di ceruk lembah bertanah kapur dikelilingi perbukitan Hijau.

Kawah Sikidang sendiri merupakan sisa-sisa letusan kawah vulkanis bertahun-tahun lalu yang masih aktif hingga sekarang. Keunikan kawah Sikidang adalah pada Lubang Kawah utamanya yang sering berpindah-pindah tiap beberapa waktu sekali. Karenanya, selain lubang kawah utama, disekitar Kawah Sikidang Anda akan menjumpai bekas rekahan-rekahan kawah yang sudah tidak menunjukan aktivitasnnya lagi.

Kawah Sikidang Dieng Jawa Tengah foto oleh @doniriz_

Kawah Sikidang Dieng Jawa Tengah foto oleh @doniriz_

Yang sebaiknya diperhatikan saat berkunjung ke Kawah Sikidang adalah kondisi udara yang bercampur dengan asap belerang sehingga menyebabkan bau kurang sedap. Karena itu ada baiknya wisatawan yang berkunjung ke tempat ini selalu menggunakan masker untuk menyaring udara.  Pengunjung juga diharapkan berhati-hati, cukup melihat kawah dari luar pagar agar tidak terjadi hal-ha yang tidak diinginkan seperti misalnya kecemplung.