Sembungan. Dataran Tinggi berpenghuni tertinggi kedua di Dunia

Mungkin orang sudah sangat familiar dengan sikunir, namun belum tentu mereka tahu tentang Sembungan. Sebuah Desa yang berada kurang lebih 4 Km dari Kawasan Wisata Dieng, yang merupakan jalur utama yang biasa dilewati untuk mendaki Bukit Sikunir.

Secara administratif Desa Sembungan masuk wilayah Kabupaten Wonosobo, tepatnya di Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Berada diketinggian 2036MDPL menempatkan Sembungan sebagai dataran Tinggi berpenghuni tertinggi ke dua di Dunia setelah Nepal.

desa sembungan sikunir dieng wonosobo

desa sembungan sikunir dieng wonosobo

Melihat ketinggiannya, anda pasti bisa membayangkan suhu udaranya yang dingin. Suhu udara yang dingin dan iklim yang cenderung lembab mempengaruhi keseharian masyarakat Desa Sembungan. jika anda mengunjungi Sembungan, anda akan melihat sebagian besar warganya menggunakan pakaian tebal baik berupa Jaket, Sweater, atau Sarung bahkan saat di Siang Hari.

kebanyakan mata pencaharian penduduk Desa sembungan adalah bertani. Sesuai suhu udara dan iklimnya, pertanian Kentang dan Kobis menjadi pilihan utama untuk dibudidayakan oleh para petani di Desa Sembungan.

Didukung kondisi alam ditambah sumber mata air yang dekat yakni Telaga Cebong yang tepat berada disisi Desa membuat pertanian kentang di Desa ini terbilang maju. Pernah merasakan gurih dan pulennya kentang Dieng? jika belum cobalah singgah di Desa Sembungan saat anda berlibur ke Sikunir. Jika anda menginap di Sembungan, pemilik penginapan kadang berbaik hati menyediakan kentang Goreng sebagai menu selamat datang bagi tamu-tamunya.