Telaga Cebong Sembungan, Sebuah Telaga di Kaki Bukit Sikunir

Telaga Cebong berada di Desa Sembungan kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. Selain sebagai tempat wisata, telaga ini juga difungsikan sebagai sarana pengairan tanaman kentang milik penduduk Setempat. Penduduk sekitar juga menggunakan tempat ini sebagai area pemancingan.

Yang unik dari pemancing ditelaga cebong, kadang mereka sama sekali tidak menggunakan umpan saat memancing. para pemancing ini akan melontarkan anak kail ke arah telaga dan menariknya secara tiba-tiba. jika beruntung mata kail akan mengenai tubuh ikan dibagian manapun. kadang ekor, badan ataupun kepala.

telaga cebong via habib farindra

telaga cebong via habib farindra

Di Telaga Cebong juga terdapat persewaan Perahu. Pengunjung bisa mengelilingi perahu yang dikemudikan penduduk setempat untuk berkeliling mengitari telaga seluas 2.6 Kilometer persegi ini.

Telaga Cebong paling menarik jika dilihat dari bukit Sikunir. Bentuk Telaga yang luas dikelilingi oleh ladang dan pemukiman penduduk di sisinya, ditambah background perbukitan hijau disekitarnya, menjadi obyek yang menarik untuk diabadikan dengan kamera.

Tepi telaga cebong juga kadang digunakan sebagai tempat camping oleh mereka yang akan mendaki bukit Sikunir. Namun mengingat suhu udara yang dingin, hanya pada musim-musim tertentu mereka berani bercamping di tempat ini.

Alternatif lain, pengunjung bisa menginap di Homestay atau penginapan yang banyak tersedia di Desa Sembungan. Beberapa Homestay berada persis disisi telaga, jadi pengunjung yang menginap bisa sekaligus menyaksikan keindahan telaga cebong dari balik kaca jendela kamarnya.